Keep up with our latest news and site updates

Subscribe Via RSS Reader

Semoga Blog Ini Bermanfaat Untuk Semuanya

Rabu, 30 Desember 2009

Artikel Hardware Komputer


IP Address :
Alamat Internet Protocol merupakan nama sebuahkomputer yang terhubung dalam jaringan dalambentuk aturan tertentu.

Jaringan Komputer :
Hubungan antara komputer satu dengan komputerlainnya untuk mendapatkan sharing sumber daya.

Kernel linux :
Inti dari linux, merupakan kode-kode khusus yangdibuat untuk linux, dengan tugas manajemenproses, memory, driver hardware, driver file system,dan manajemen jaringan

Keyboard :
Papan kunci, papan ketik.

Konektor :
Suatu peripheral yang digunakan untuk menghubungkansatu node ke node lain melalui kabel.

LAN :
Local Area Network

LAN Card :
Sebuah periperal komputer yang digunakan untukmenghubungkan satu komputer dengan komputer lain.

LPT :
Line Printing Terminal atau paralel port. Port untukmenghubungkan PC dengan printer.

LSB :
Least Significan Bits. Unit terkecil dari informasi dalamsuatu bilangan biner. Satu bit cukup untuk menyatakanperbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on danoff, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasidalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanyamemiliki dua keadaan, on atau off. Dalam komputer suatuinformasi disusun dalam 8 bit atau 1 byte.

MPU :
Micro Processor Unit. Sama dengan CPU

Motherboard :
Papan rangkaian komputer tempat semua komponenelektronik komputer terangkai.

Mode Text :
Tampilan menu suatu program komputer denganmode tulisan atau text, biasanya perintahdieksekusi dengan tombol keyboard

Open Source :
Proyek pengembangan software komputer yangpendistribusiannya bersifat free dan menyertakankode program aslinya sehingga dapatdikembangkan orang lain.

Paterrn :
Kelompok data dalam satu kesatuan pada memory RAM,umumnya 1 byte = 8 bit.

PCI :
Peripheral Component Interconnect. Peripheral bus yangumum digunakan pada PC, Macintosh dan workstation.Pertama kali didesain oleh Intel dan muncul di pasaran padaakhir 1993. PCI menyediakan jalur transfer data cepatantara CPU dengan komponen-komponen peripheral lain diPC seperti video, disket, jaringan dan lain-lain.

Peripheral :
Peralatan. Spesifikasi peralatan pendukung yangdibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secaraoptimal.

PIC :
Programmable Interupt Controller. Kendali selaterprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikanproses penyelaan antar periferal. Alat pengendali selaperiferal yang membantu kerja CPU dalam prosespenyelaan.

POST :
Power on Self-Test yaitu test yang dilakukan oleh PC untukmengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC untukbekerja dengan baik.

Power Supply :
Suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagaipencatu daya/pemberi sumber tegangan/arus padaperalatan.

Protocol :
Aturan

RAM :
Random Access Memory, memori yang dapat dibaca danditulis. Informasi akan hilang jika komputer mati.

Reset :
Mengosongkan memori atau mengenolkan logika keluaran.Memulai dari awal.

Scandisk :
adalah tool yang digunakan untuk memeriksastruktur file sistem

Setup :
Menginstalasi

Server :
Server adalah komputer yang menjadi sentral danmenyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain

Sharing :
penggunaan bersama sumber daya (peripheral dandata) yang terdapat dalam komputer dalam jaringan.

Sistem Operasi :
Sistem operasi merupakan sistem yangmenghubungkan antara pengguna komputer denganperangkat keras komputer.

Software :
Piranti lunak, sebuah aplikasi program komputer

Source Code :
Kode sumber yang dapat dikembangkan olehPengguna

Tata letak :
yaitu gambar susunan komponen-komponen elektonikadalam bentuk gambar wajah dengan ukuran yang tepatsama.

Topologi jaringan :
Cara menghubungkan antar komputer

Troubleshooting :
Pemecahan permasalahan yang sering terjadi

User friendly :
Sangat memudahkan pengguna

USB :
Universal Serial Bus. Socket yang terdapat di semua PCmodel baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USBmendukung instalasi yang mudah dengan system Plug andPlay, dan secara bertahap menggantikan port serial danpararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modemdan printer.

UTP :
UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan sepasangkabel yang dililit satu sama lain dengan tujuanmengurangi interferensi listrik yang terdapat dari dua,empat atau lebih pasang (umumnya yang dipakaidalam jaringan adalah 4 pasang/8 kabel) denganmetode pengawatan

VRAM :
Video Random Access Memory (Video RAM) Tipe spesialdari DRAM yang memungkinkan akses direct high speedmemory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahalbila dibandingkan chips DRAM yang konvensiona

http://eezy-eezy.blogspot.com/2008/12/artikel-artikel-hardware-komputer.html

Perangkat keras

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenaifirmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

HARDWARE KOMPUTER

Hardware (perangkat keras) komputer adalah perangkat komputer yang terlihat secara fisik, dapat disentuh dan merupakan perangkat yang secara langsung berinteraksi dengan manusia untuk memasukkan data yang kelak diolah menjadi informasi. Secara fisik, komputer terdiri dari tiga bagian terpisah yaitu monitor, cpu dan keyboard. Walaupun dalam bentuk notebook telah menyatu sedemikian rupa, namun masih tetap terlihat secara fisik ketiga perangkat tersebut ada di dalamnya.

Hardware komputer biasanya dibagi dalam 4 (empat) unit, yaitu :

  1. Unit Input
  2. Unit Proses
  3. Unit Output
  4. Unit Penyimpanan

1. Unit Input

Unit Input yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data yang akan diolah/diproses oleh komputer menjadi informasi.

Yang termasuk ke dalam unit input diantaranya :

  • Keyboard, merupakan peranti masukan yang terdiri dari kumpulan huruf, angka dan karakter khusus. Keyboard juga memberikan kemudahan bagi user untuk memberikan perintah yang diperlukan apabila menekan kombinasi antara karakter yang ada pada keyboard dengan tombol-tombol tertentu.
  • Mouse, Peranti masukan dengan bentuk seperti tikus ini berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat.
  • Scanner, berfungsi untuk menyalin (copy) file atau dokumen baik berupa teks atau gambar menjadi teks atau gambar digital.
  • Floopy Disk Drive, adalah alat untuk menulis, membaca data, dan merekam data.
  • CD-ROM ( Compact Disc-Read Only Memory), adalah alat untuk membaca CD (Compact Disc) atau VCD (Video Compact Disk) pada komputer.
  • CD-RW (Compact Disk-Read and Write), yaitu alat sertupa CD-ROM namun selain dapat membaca CD, dapat juga merekam data ke CD.
  • DVD-ROM (Digital Video Disc-Read Only Memory) adalah alat untuk membaca CD, VCD, atau DVD pada komputer.
  • DVD RW (Digital Video Disc-Read and Write), yaitu alat seperti DVD-ROM namun selain dapat membaca CD, VCD dan DVD, dapat juga merekam data pada keping DVD.
  • Touchpad, biasanya terdapat pada notebook. Memiliki fungsi yang sama dengan mouse namun dalam penggunaannya hanya cukup dengan memberikan sentuhan jari.
  • Joystick, merupakan alat yang biasa digunakan pada permainan (games) komputer
  • Light pen, yaitu pointer elektronik untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor).
  • Barcode, berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak atau garis-garis vertikal tipis dan tebal yang selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Biasanya kode barcode ini ditemukan pada kemasan makanan, minuman, buku, alat elektronik serta produk-produk. Biasanya barcode ini memudahkan kasir yang ada di toko swalayan atau departemen store untuk mengidentifikasi suatu barang yang dibeli.
  • Kamera digital, merupakan kamera modern yang telah dimodifikasi sehingga tidakmemerlukan roll film. Kamera ini dapat langsung dihubungkan dengan komputer melalui kabel data, sehingga memudahkan user untuk mentransfer data baik berupa image (gambar) digital ataupun video.
  • Voice input, adalah alat yang berfungsi merubah suara sehingga terekam ke dalam komputer menjadi suara digital.
  • Graphics pads, Merupakan suatu peranti yang dapat digunakan untuk menggambar suatu objek pada monitor.

2. Unit Proses

Unit proses yaitu perangkat komputer yang berfungsi untuk memproses atau mengelola data yang masuk sehingga menjadi suatu informasi yang diinginkan.

Otak komputer terdapat pada CPU (Central Processing Unit). Ada pendapat yang mengatakan bahwa CPU adalah seperangkat casing beserta isi yang ada di dalamnya. Namun pendapat yang lain juga ada yang mengatakan bahwa CPU adalah processor yang ada di dalam komputer. Kedua pendapat ini sama benarnya karena semuanya berfungsi sebagai unit proses.

Adapun yang termasuk dalam unit proses, diantaranya :

  • Casing, yaitu kotak yang membungkus isi seluruh perangkat unit proses.
  • Processor, merupakan otak komputer atau chip pengolah utama yang berfungsi untuk mengolah data yang dimasukkan oleh unit input. Unsur penting yang ada pada processor yaitu : Arithmatic logic Unit (ALU), yaitu sebagai alat yang berfungsi melakukan perhitungan pada proses komputer; Control Unit, sebagai alat pengontrol proses kerja komputer.
  • Motherboard, yaitu papan rangkaian utama dimana merupakan tempat diletakkannya seluruh unit proses.
  • Memory, yaitu alat yang befungsi mengolah data dan instruksi serta menyimpan informasi.
  • Power Supply, Sebagai penyedia arus listrik untuk peralatan dalam CPU.
  • I/O Card (Input/Output Card), yaitu kartu elektronik yang menjadi penghubung antara motherboard dengan perangkat masukan serta perangkat keluaran pada komputer.
  • VGA Card, yaitu kartu elektronik yang menghubungkan motherboard dengan monitor.

3. Unit Output

Output yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan data yang telah diproses sehingga menjadi suatu informasi.

Yang termasuk unit keluaran diantaranya :

  • Monitor, yaitu alat berbentuk layar kaca yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses, baik dalam bentuk teks atau grafik.
  • Printer, merupakan alat untuk mencetak data sehingga menjadi hard copy.
  • Speaker, yaitu alat untuk mengeluarkan suara dari dalam komputer.

4. Unit Penyimpanan

Unit penyimpanan dapat diartikan sebagai perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, informasi, software ataupun program.

Perangkat penyimpanan ini memiliki kapasitas tampung yang dihitung dalam satuan byte.

Perhitungannya atau pengukurannya sebagai berikut :

  • 1 byte = 8 bit (sama dengan satu karakter)
  • 1 kilo byte = 1024 byte
  • 1 mega byte = 1024 kilo byte
  • 1 giga byte = 1024 mega byte
  • 1 terra byte = 1024 giga byte
  • 1 peta byte = 1024 terra byte

Unit penyimpanan diantaranya :

  • Hard Disk, merupakan perangkat komputer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hard disk terbagi menjadi dua jenis, yaitu Hard Disk IDE (Integrated Devive Elektronik) yang memiliki kapasitas 1,2 GB hingga diatas 8,2 GB. Hard Disk ini biasa digunakan untuk komputer personal. Selain itu ada hard disk SCSI (Small Computer User Interface) yang kapasitasnya lebih besar lagi dan biasanya digunakan sebagai server.
  • Disket, yaitu unit penyimpanan data berbentuk cakram dan terbuat dari bahan yang bersifat magnetik.
  • USB Flash Drive, merupakan unit penyimpanan data yang dapat menyimpan data hingga lebih dari 1 GB. USB Flash Drive terhubung dengan port USB dan memiliki bentuk yang mungil dan ringan sehingga mudah untuk dibawa.
  • Compact Disc (CD), yaitu media penyimpanan data yang berbentuk piringan dengan kapasitas 700MB.
  • CD RW (Compact Disk Read and Write), yaitu media penyimpanan data yang berbentuk piringan yang dapat membaca dan menuliskan data secara berulang.

Computer Hardware – Input/Output

Input device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi memasukan data dan perintah ke dalam memory komputer
Proses adalah perangkat yang berfungsi memroses data yang di masukan oleh peralatan input dan mengelola seluruh aktivitas komputer
Output adalah perangkat komputer yang berfungsi menampilkan hasil dari proses yang dilakukan komputer.

Contoh peralatan input, proses dan output

1. Input:
a) Keyboard fungsinya untuk memasukan data berupa perintah, data karakter/angka dan symbol

b) Mouse fungsinya sebagai navigasi dan pointing seuatu objek di komputer serta memberikan pilihan menu (klik kanan) atau mengeksekusi (klik kiri)

c) Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.

d) Joystik adalah sebuah Alat yang biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Fungsinya sebagai alat navigasi dan mengeksekusi

e) Barcode Reader Fungsinya adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku

f) Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).

g) Touchpad Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.

h) Kamera Digital fungsinya untuk memasukan data berupa gambar

i) Mikropon dan Headphone berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

j) Graphics Pads merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor

2. Proses
1) Prosesor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer.

2) Memory (Register, Cache memory, ROM, RAM )
a) Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor
b) Cache memory Merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
c) ROM ( Read Only Memory) Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile)

d) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara

3. Output
1) Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna computer dari hasil peoses dan masih dalam bentuk softcopy

2) Printer peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi

3) Speaker merupakan peralatan yang memberkan keluaran dalam bentuk suara

4) Plotter adalah alat yang digunakan untuk mencetak gambar dengan ukauran besar

Memory yang tadi diatas disebutkan adalah termasuk memory primer, dan yang di bawah ini adalah contoh dari memory sekunder:
1. Hardisk berfungsi untuk menyimpan data dalam jangka waktu yang panjang dan dalam kapasitas yang besar

2. cd-drive fungsinya untuk membaca cd-rom sebagai penyimpan data

3. floppy drive berfungsi untuk membaca floppy disk sebagai penyimpan data

4. flashdisk merupakan alat penyimpan data terbaru, yang sangat fleksibel dengan kehandalan yang sangat luar biasa dan bisa dibawa kemanapun

Bagian Bagian Motherboard,

Bagian Bagian Motherboard, diantaranya:

1. Chipset
Chipset adalah sebuah sirkuit elektronik yang mengkoordinir transfer data antara berbagai komponen komputer (termasuk prosesor dan memori). Yang paling penting dalam pemilihan motherboard yaitu dari jenis chipsetnya. Karena chipset berpengaruh untuk memaksilmalkan komputer (upgrade). Beberapa chipset Mungkin menyertakan chip grafik atau chip audio, yang memungkinkan kita untuk tidak menginstal sebuah kartu grafis atau kartu suara. Namun, kadang-kadang dianjurkan untuk menonaktifkan mereka (bila memungkinkan) di BIOS setup, untuk menginstal kartu grafik atau kartu suara yang berkualitas tinggi dalam kartu ekspansi slot yang sesuai. Bisa dilihat di gambar di atas.

2. Battre CMOS dan waktu.
The real-time clock (RTC jangka pendek) adalah sirkuit yang synchronises dengan sistem sinyal. Yang dibuat dari kristal yang bergetar, dan memberikan off pulses (ticks bernama waktu) untuk memelihara elemen sistem yang berjalan pada waktu yang sama. Timer frekuensi (dinyatakan dalam MHz) jumlah kristal bergetar setiap detik, yaitu jumlah waktu ticks per detik. Semakin tinggi frekuensi, semakin banyak informasi yang dapat memproses sistem.

Ketika komputer dimatikan, maka komputer berhenti menyediakan pasokan daya listrik ke motherboard. Ketika komputer dihidupkan kembali, sistem ini masih berada di waktu yang tepat. Sirkuit elektronik, yang disebut CMOS (komplementer Metal-Oxyde Semiconductor, kadang-kadang disebut BIOS CMOS), menyimpan beberapa sistem informasi, seperti waktu, sistem tanggal, dan beberapa sistem pengaturan penting. itu sebabnya tanggal pada komputer selalu tepat (sesuai dengan settingan), walaupun komputer dimatikan. Untuk penyimpanan tanggal dan waktu serta informasi perangkat keras yang terpasang, maka motherboard memerlukan yang namanya battre CMOS. yang diletakan di motherboard, battre ini sama dengan battre jam yang ukuran besar. Bisa dilihat di gambar di atas

3. BIOS
BIOS (Basic Input / Output System) adalah program dasar yang digunakan sebagai antarmuka antara sistem operasi dan motherboard. BIOS yang disimpan dalam ROM (read-only memori), menggunakan data didalam CMOS untuk mengetahui sistem konfigurasi hardware. BIOS dapat dikonfigurasi menggunakan antarmuka (bernama BIOS setup), yang dapat diakses ketika proses booting komputer. BIOS setup hanya digunakan sebagai interface untuk konfigurasi data yang disimpan dalam CMOS. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BIOS, baca disini. dan pengertian booting baca disini.

4. Socket/slot processor.
Tentu saja motherboard memiliki tempat untuk berdiamnya processor, dan pada umumnya ada 2 jenis tipe untuk processor yaitu socket dan slot. Biasanya setiap motherboard memliki satu jenis saja misalkan socket saja, atau slot saja. tetapi ada juga yang memiliki lebih dari satu socket atau slot, biasanya digunakan untuk multi processor. Penting sekali memasukan prosessor dengan hati-hati, sehingga tidak akan ada pin-nya yang bengkok (ada ratusan pin pada prosessor jenis socket). Untuk prosessor jenis socket, biasanya ada tuas kecil yang berfungsi sebagai pengunci prosessor tersebut. dan untuk prosessor jenis slot, biasanya bil akita masukan/tancapkan maka prosessor akan terkunci secara otomatis. Dan biasanya tipe slot ini digunakan pada prosessor jenis pentium 3 kebawah.

5. Slot RAM/memory
Seperti yang telah saya jelaskan mengenai pengertian RAM disini, motherboard memiliki slot khusus untuk RAM tersebut, seperti halnya prosessor. Dan setiap jenis motherboard berebda – beda jenis SLOT ram yang sisertakan dalam motherboardnya tersebut. Oleh karena itu sesuaikan lah dengan RAM yang anda gunakan, baca disini untuk jenis – jenis RAM.

6. Slot Expansion.
Slot ini merupakan slot tambahan atau external pada komputer. Bila komputer anda ingin di upgrade atau ditambahkan fungsi – fungsinya, anda tinggal menambahkan peralatan – peralatan yang anda butuhkan di expansion card ini. Seperti: VGA card, Sound card, Tv turner. Video receiver, Joystick dll. Ada beberapa jenis atau tipe dari expansion card, baca disini untuk lebih lengkapnya.

7. I/O port.
I/O port merupakan singkatan dari Input / output. Jadi perangkat ini pada umumnyasudah tersedia di motherboard, seperti port USB, PS/2 (untuk mouse dan keyboard, bukan playstation 2), LAN, VGA, Sound, dsb. Berikut Contoh I/O port.

2 komentar:

  1. ko tolongin dunk nieh.,.,
    yg bru msuk ny .,,

    from:andhika

    BalasHapus
  2. apakah ada penjelasan semua spec pc dan perangkat perangkat komputer yang lebih lengkap lagi ?
    saya lagi butuh itu juga .
    from: amirul

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
2009 Hardware & Software All Rights Reserved.
chip created by vio Templates
blogger theme designed by blogger templates